Wednesday, September 12, 2012




Baju Muslim – Mukena merupakan busana yang digunakan oleh para wanita asia khususnya Indonesia untuk melakukan ibadah salat, mukena sendiri telah bertranformasi dengan baik warna, model dan desainnya, dimana pada beberapa dekade silam mukena hanya terbatas pada satu warna saja yaitu putih, dan model yang terbilang itu-itu saja. Berbeda dengan sekarang dimana fashon telah masuk kedalam ranah ini.

Bahkan kini keberadaan mukena layaknya batik yang mempunyai ciri khas untuk setiap daerahnya, sebut saja mukena khas padang yang menonjolkan bordir padat dan terdiri dari benang satu warna atau warna kombinasi yang masih bergradasi, dan untuk bordiran  yang menjadi ciri khas dari mukena padang ini adalah bordir kerancang. Pada umumnya berbahan katun paris, silky/ katun jepang, dan sutra.

Ataupun Mukena khas Tasik yang lebih menonjolkan warna-warna terang dan cerah dalam bordirannya. Kain mukena berjenis katun dobi, katun paris, katun super, atau semi sutra bermotif relief dan timbul.

mukena motif batik


Tak ketinggalan mukena khas bondowoso yang memasukan unsur-unsur batik tulis kedalam desain dari mukenanya itu sendiri.

Belum lagi mukena khas bali dimana menampilkan desain dengan corak tato kedalam mukena tersebut, dimana corak tato tersebut umumny digambar berwarna hitam. Dengan bentuk tidak beraturan, motif ini semakin diminati. Mengenai warna, bila sebelumnya mukena identik putih, mukena khas Bali ini lebih varian dengan berbagai warna terang.

motif tato khas bali


Dan tentunya masih banyak lagi desain dan cirri khas sebuah mukena yang ada pada setiap daerah di Indonesia, namun satu hal yang terpenting dalam memiliih sebuah mukena adalah terpenuhinya unsur syar’I sehingga tidak membatalkan salat itu sendiri dan kemudian unsur kenyamanan, agar ibadah salat yang ada lakukan dapat berlangsung khusyu. Semogo bermanfaa


Info Terkait:




0 comments:

Post a Comment